Cara Memilih Mainan Edukatif untuk Tumbuh Kembang Balita yang Aman dan Efektif

Cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita cukup berbeda dengan memilih mainan biasa. Tentu saja, salah satu faktor pembedanya adalah pertimbangan ibu akan manfaat mainan tersebut. Konsep cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita tentu saja untuk memacu perkembangan tertentu seperti perkembangan kemampuan membaca, berbicara dan lain sebagainya. Banyak hal yang harus ibu pertimbangkan dalam cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita. Selain hal yang umum seperti keamanan mainan, ibu juga harus mempertimbangan kemampuan balita ibu dibandingkan dengan manfaat mainan tertentu. Banyak mainan edukatif di pasaran yang sudah mencantumkan umur tertentu. Label umur tersebut cukup membantu, tapi pastikan untuk melihat kembali kemampuan balita ibu, jadi sebenarnya umur yang tercantum hanya sebagai panduan, bukan harga mati. Semua ibu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam memilih mainan, berikut tips untuk memilih mainan edukatif yang tepat untuk balita.

Kemanan nomor satu

Hal pertama yang harus ibu perhatikan dalam cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita tentu saja kemanan mainan. Mainan yang genius dan sangat bermanfaat akan percuma jika tidak aman. Karena itu pastikan ibu selalu memeriksa secara detail mulai dari bahan, warna sampai bentuk mainan. Berdasarkan catatan, sekitar 72.000 balita di Amerika dilarikan ke ruang gawat darurat karena luka atau kecelakaan yang berhubungan dengan mainan.

Untuk memastikan mainan balita ibu aman, berikut cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita. Periksa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mainan seperti bahan untuk pembuatan mainan dan pewarna mainan. Pastikan untuk mencari informasi tentang bahan-bahan terlarang apa saja yang biasanya digunakan dalam pembuatan mainan. Cek label mainan dan pastikan mainan balita ibu aman dari bahan-bahan tersebut.

cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita selanjutnya adalah dengan memeriksa konstruksi mainan tersebut. Pastikan untuk memilih mainan dengan kosntruksi yang kuat karena balita suka melempar atau menjatuhkan mainannya. Pertimbangan ini bukan hanya tentang awet atau tidaknya mainan, tapi juga mengacu kepada keamanan. Aksesoris atau bagian kecil mainan dengan konstruksi yang tidak kuat akan lepas dan balita ibu bisa saja memungut dan menelannya, jadi ibu harus sangat berhati-hati mempertimbangkan tentang kualitas cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita. Ibu juga kurang disarankan untuk memilih mainan dengan aksesoris atau bagian-bagian kecil yang mudah lepas. Pastikan juga ibu tidak memilih mainan dengan aksesoris tali yang terlalu panjang. Tali yang lebih dari 7 inci tidak disarankan karena bisa membelit.

Mainan apa yang harus dipilih?  

Cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita sebenarnya mudah jika ibu sudah paham betul tentang keamanan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih mainan yang bisa merangsang kreatifitas. Pilih mainan yang memacu balita untuk bermain dengan bebas dan mengembangkan daya imajinasinya. Mainan seperti alfabet dan angka-angka sangat disarankan. Mainan sederhana tersebut sangat efektif untuk mempersiapkan balita ibu saat masuk playgroup atau TK. Boneka tentu saja menjadi mainan utama. Boneka bukan hanya akan menjadi mainan favorit balita ibu, tapi juga mainan yang dapat mengembangkan kreatifitas dan imajinasinya.

Mainan lain yang sangat disarankan adalah mainan yang memacu balita ibu untuk membangun seperti balok-balok. Lego memang sangat mendukung imajinasi dan kretifitas balita, tapi sebaiknya lego diberikan saat buah hati sedikit lebih dewasa
karena lego bisa tertelan. Banyak cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita, tapi satu hal yang tidak bole
h ibu lupakan adalah memilih buku. Banyak buku anak-anak yang menarik saat ini dan dengan buku, balita dapat belajar banyak hal.
Satu hal yang pasti, ibu dapat memilih berbagai macam software yang tersedia di internet. Banyak sekali software atau program edukatif yang sangat berguna bagi balita. Dengan program permainan tersebut, balita ibu bukan hanya mendapatkan berbagai macam manfaat dari mainan yang tersedia, tapi juga secara otomatis mengakrabkan diri dengan teknologi. Dengan tips cara memilih mainan edukatif untuk tumbuh kembang balita, ibu akan dapat memilih mainan yang tepat.
2 replies

Comments are closed.